Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi dengan Penguatan
Digital Marketing Melalui Peran Gen Z
Susanti
Pendahuluan
Generasi Z atau dikenal dengan
sebutan Gen Z yang lahir pada rentang tahun 1995 sampai 2010, menjadi pioneer
utama sebagai generasi penerus bangsa. Gen Z yang berpotensi dalam kemampuannya
mentolerir terhadap segala perbedaan budaya dan perubahan teknologi.
Berdasarkan data sensus yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS),
demografi Indonesia saat ini mengalami perubahan. Lebih dari 50 persen
didominasi oleh usia produktif yang berasal dari Gen Z dan milenial. Dari
perubahan ini diharapkan akan menjadi kunci pemulihan ekonomi Indonesia di masa
depan. Adapun berdasarkan data tersebut, Gen Z mendominasi sebesar 27,9 persen,
dan milenial sebanyak 25,87 persen. Pada penyedian lapangan kerja dan
iklim usaha diharapkan generasi ini semakin berkontribusi dalam pertumbuhan
ekonomi Indonesia. Maka dari itu Gen Z harus memanfaatkan teknologi agar dapat memulhkan
pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Saat ini teknologi dapat digunakan untuk
media pemasaran atau biasa disebut dengan digital marketing. Digital marketing
saat ini menjadi strategi jitu yang dimanfaat seluruh sektor bisnis untuk tetap
terkoneksi dengan pelanggannya dan bertahan selama pandemi. Memasuki era baru
ini, digital marketing akan senantiasa menuntut agar merek dan perusahaan
mendesain ulang rencana strategi mereka dan terus mengembangkan eksperimen
dalam praktiknya. Hal ini karena, masa new normal ini bukan berarti semua telah
kembali seperti biasa. Tim marketing digital pun harus mengubah rencana media
dan kalender kampanye mereka sesegera mungkin. Kegiatan marketing harus
memprioritaskan kegiatan pemasaran yang punya nilai, meningkatkan pengalaman
dan dorongan di masyarakat. Pada masa ini, kegiatan pemasaran memerlukan
kepekaan terhadap apa yang terjadi di pasar dan melakukan fleksibilitas untuk
mengikuti perubahan cepat. Itulah sebabnya mengapa digital marketing kini
menjadi solusi pemasaran yang pas khususnya di era new normal seperti saat ini.
Setidaknya ada beberapa manfaat besar yang akan didapat apabila melakukan
digital marketing di era new normal.
Isi
Digital marketing kini diutamakan untuk strategi pemasaran seiring kemutakhiran teknologi. Strategi bisnis pun tak lagi konvensional. Mengutip buku Digital Marketing (2020), pemasaran barang atau jasa yang ditargetkan, terukur, dan interaktif dengan menggunakan teknologi digital. Digital marketing merupakan strategi pemasaran yang menggunaka teknologi digital, perangkat elektronik, Internet untuk menjangkau konsumen, seperti dikutip dari WebFX. Hal itu membedakan dengan strategi pemasaran konvensional yang menggunakan medium iklan cetak dan papan reklame. Jaringan Internet menjadi andalan untuk digital marketing membangun identitas merek dan mengembangkan pemasaran.
Digital marketing adalah aktivitas pemasaran berupa produk maupun jasa dengan media digital sebagai wadahnya. Dalam kasus ini, manusia perlu melakukan branding terhadap produknya agar tidak hanya mampu menarik perhatian konsumen saja, tetapi membuat konsumen untuk terlibat dalam proses transaksi dan menjadi berlangganan (loyalty). Digital marketing secara keseluruhan meliputi 3 komponen utama yaitu traffic, conversion, dan relationship.
- Traffic: Proses untuk menciptakan jejaring
atau konektivitas kepada seluruh pengguna internet di dunia agar dapat
menjangkau produk maupun jasa yang dipasarkan. Pada poin ini, peran dari
social media sangat dibutuhkan sebagai wadah pengenalan produk kepada
dunia luar. Contohnya: digital marketing dilakukan melalui platform TikTok
karena platform tersebut sedang ramai digandrungi oleh masyarakat ini dari
berbagai rentang usia.
- Conversion:
Jika pada poin sebelumnya peran social media dibutuhkan sebagai wadah
melakukan branding, maka pada poin conversion ini, diperlukan kemampuan
copywriting agar mampu menciptakan konten-konten yang menarik dan
"mengajak" konsumen untuk membeli produk maupun jasa yang
ditawarkan.
- Relationship: Selanjutnya yaitu strategi yang
dibutuhkan agar konsumen yang telah membeli produk atau jasa yang
ditawarkan, tetap memiliki rasa kesetiaan terhadap pasar dan tidak pindah
pada pasar lain. Hal ini juga disebut sebagai loyalitas.
Ada beberapa keuntungan
utama digital marketing ialah anda dapat menarget pasar yang lebih luas
menggunakan biaya yang jauh lebih sedikit dan menggunakan cara-cara yang jauh
lebih dapat diukur. Keuntungan-keuntungan tersebut anatara lain:
- Biaya yang lebih jauh lebih rendah untuk
jangkauan yang sama.
- Mempermudah komunikasi berkala.
- Mudah memilih target spesifik.
- Mudah diukur efektifitasnya.