Suscríbete

Senin, 24 April 2017

EKSISTENSI GAYA BUSANA FASHION MUSLIMAH



EKSISTENSI GAYA BUSANA FASHION MUSLIMAH


Oleh :
Ade Yulia
Ekonomi Pembangunan - Hukum Ekonomi Syariah
FoSEI FEB UMS

 

        Perkembangan gaya busana muslimah saat ini sudah memasuki masa kejayaannya. Tidak seperti dulu yang masih sangat sederhana, busana muslimah yang terpenting memenuhi syariat islam tanpa memandang style atau gaya-gaya dalam pembuatan mode busana yang tidak tertinggal zaman. Namun sekarang, sudah banyak bermunculan inovasi-inovasi gaya busana muslimah yang sesuai hukum syariat islam dan dapat mengikuti tren masa kini. Jadi di sini kita bisa mengikuti tren perkembanan fashion tanpa harus meninggalkan hukum tata cara berbusana muslimah yang sudah di tentukan oleh syara’. Kenapa wanita muslim harus menutup auratnya? Semua jawaban sudah tertera dalam Al-Qur’an dan Hadits bahwasannya wanita adalah pusat keindahan yang harus di tutupi, seperti yang telah di paparkan dalam Q.S Al- Munafiqun ayat 4

وَاِذَا رَاَيْتَهُمْ تُعْجِبُكَ اَجْسَامُهُمْ وَاِنْ يَّقُوْلُوْا تَسْمَعْ لِقَوْلِهِمْ كَاَنَّهُمْ خُشُبٌ مُّسَنَّدَةٌ يَهْسَبُوْنَ كُلَّ صَيْحَةٍ عَلَيْهِمْ هُمُ الْعَدُوُّ فَاحْذَرْهُمْ قَاتَلَهُمُ اللهُ اَنّى يُؤْ فَكُوْنَ (4)

“Dan apabila kamu melihat mereka, tubuh mereka mengagumkanmu. Dan apabila mereka berkata, engkau mendengar tutur katanya. Mereka seakan-akan kayu yang tersandar. Mereka mengira bahwa setiap teriakan ditujukan kepada mereka. Mereka itulah musuh (yang sebenarnya), maka waspadalah kepada mereka, dan semoga allah membinaakan mereka bagaimankah mereka dapat berpaling dari kebenaran?” 

Lalu juga dalam beberapa hadits dikatakan bahwa wanita itu adalah perhiasan sebagai berikut :

“Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita shalikhah” (H.R Muslim, Ibnu Majah dan An Nasai)
Jadi bisa kita ketahui bahwa wanita adalah sumber keindahan, baik bentuk tubuhnya, suaranya, gerak geriknya, semuanya adalah aurat yang harus di tutupi. Jika aurat itu diumbar di khalayak umum maka bisa mengundang fitnah dn zina.

      Boleh bagi seorang wanita muslim mengikuti tren fashion terkini tapi jangan melupakan hakikat bahwa wanita itu berharga, sesuatu yang berharga harus dilindungi dan dijaga dengan baik, ibarat pakaian yang melindungi tubuh wanita haruslah menutupi urusan tren mode dan fashion boleh lah kita menciptaan sesuai dengan perkembangan zaman asal tidaklah menyimpang dari syari’at islam.

       Perkembangan fashion muslimah ini juga dapat menjadi peluang bisnis bagi segelintir orang, sehingga berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat yang bergerak dalam bidang fashion muslimah. Sudah banyak kita temui sekarang outlet atau bahkan online shop yang menjual berbagai macam model fashion muslimah, tidak hanya untuk muslimah bahkan pakaian muslim pria pun juga beragam namun tidak terlalu bervariasi seperti milik wanita. Berbagi model warna, bentuk dan corak bisa menarik perhatian setiap orang yang melihatnya tinggal menyesuaikan dengan fashion masing-masing. Karena adanya beragam variasi tadi banyak wanita yang penasaran dan tertarik dengan fashion muslimah yang terbilang unik dan masih bisa dikembangkan lagi. Hal ini menarik minat beberapa designer baik dari dalam negri maupun luar negri untuk mengetahui lebih dalam lagi mengenai perkembangan busana muslim, sehingga produktivitas fashion muslimah semakin berkembang dan beragam karena terdapat beberapa pihak yang ikut andil dalam pengembangan tren mode gaya berbusana muslimah. 



Salam Spirit Ekonom Robbani !!!

Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

Sample Text

Jalan Jenderal Ahmad Yani, Surakarta 57162, Indonesia
Kampus 2 UMS (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB-UMS)

Followers

Stats

Didukung Oleh

Didukung Oleh

Link Blog

BTemplates.com

Popular Posts