Suscríbete

Sabtu, 24 September 2016

SEMANGAT BERORGANISASI UNTUK MEMBANGUN KADER YANG BERKUALITAS

SEMANGAT BERORGANISASI UNTUK MEMBANGUN KADER YANG BERKUALITAS

Oleh :
Sekar Cahyani Arumdalu



  Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak mungkin bisa lepas yang namanya organisasi, karena memang kehidupan itu adalah wujud nyata dari segala jenis organisasi bentukan Allah yang melibatkan setiap makhluk hidup didalamnya. Berbicara masalah organisasi, tentu terbesit dalam benak kita masing-masing apa sih makna dari organisasi itu sendiri. Organisasi pada dasarnya merupakan tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terkendali dengan memanfaatkan berbagai sumber daya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan bersama. Setiap orang yang memiliki kepentingan dan tujuan yang sama, menciptakan sebuah wadah atau badan dimana mereka saling berusaha untuk mewujudkan tujuan tersebut. Dan hal inilah yang menjadi sebab adanya tujuan dari sebuah organisasi. Tujuan dari sebuah organisasi sangat mempengaruhi kinerja dari organisasi itu sendiri maupun untuk mencari anggota baru dalam pengembangan dan untuk menjaga kaderisasi agar tetap bisa bertahan dan eksis dalam jangka waktu yang panjang.
  Di dalam organisasi mempunyai dampak sangat besar untuk kehidupan, karena bisa di ibaratkan sebagai masyarakat dalam lingkup kecil dan dijadikan sebagai rumah kedua. Selalu ada masalah yang dipecahkan bersama, sikap saling menjaga dan bertanggung jawab terhadap keutuhan anggota ataupun mempertahankannya, memberikan gambaran sebuah perjuangan panjang dan ini akan sangat membantu ketika dalam penyelesaian masalah atau memberikan masukan kepada masyarakat dalam lingkup luas. Untuk mengikuti organisasi kita harus bisa meluruskan niat terlebih dahulu, berfikir apa yang akan kita berikan pada organisasi sebagai bentuk kontribusi dan karya nyata, bukan hanya menunggu dan mencari sesuatu yang ada dalam organisasi tersebut. Sebuah organisasi menuntut kadernya untuk terus aktif mengupgrade diri melalui berbagai kegiatan yang bermanfaat. Bila sudah begitu, maka keberadaan personalia dalam organisasi tersebut benar-benar baik dan dapat dijadikan contoh. Tetapi, jangan lupa pula, bila kita telah masuk organisasi, kita tidak boleh mengabaikan hal-hal lain seperti urusan akademis.
  Dalam berorganisasi semangat juga paling penting untuk bisa melakukan dan mewujudkan suatu hal. Adapun kunci semangat berorganisasi yaitu wajib melaksanakan sholat lima waktu, mengaji, kumpul dengan orang-orang yang sholeh, selalu menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang makruf. Jika ada salah satu anggota mulai patah semangat, kita harus mensupport bukan malah ikut patah semangat. Untuk melahirkan kader-kader yang memiliki karakter kuat dan berkualitas kita perlu proses pendidikan jangka panjang untuk pengoptimalan potensi-potensi kader dengan cara membagi dan menanamkan nilai-nilai tertentu, bukan halnya seperti perekrutan atau mengenalkan ruang lingkup organisasi saja, tetapi seperti halnya diadakan pelatihan atau training untuk kader baru, mengikuti berbagai kegiatan seperti kajian keislaman ataupun keilmuan, forum diskusi, membaca buku dan kegiatan lainnya. Serta jadikanlah dari setiap kegiatan tiap departemen itu sebagai jalan sukses organisasi bukan hanya formalitas saja. Organisasi akan sukses ketika kita berjalan bersama bukan individu. Maka marilah bersama-sama kita memajukan organisasi kita, mari jadikan sebuah organisasi ini tempat berproses menuju kesuksesan di masa depan. Jangan lupa untuk selalu tetap menjaga semangat, tanggung jawab, loyalitas dan selalu konsisten dengan apa yang sudah direncanakan dalam suatu organisasi.

Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

Sample Text

Jalan Jenderal Ahmad Yani, Surakarta 57162, Indonesia
Kampus 2 UMS (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB-UMS)

Followers

Stats

Didukung Oleh

Didukung Oleh

Link Blog

BTemplates.com

Popular Posts