Suscríbete

Senin, 02 Juli 2018

Ramadhan Ekonomi Membawa Kunci Sukses Akhirat


Ramadhan Ekonomi Membawa Kunci Sukses Akhirat

Oleh :
 Fahreza Nico Saputro
Sekretaris Departemen Riset FoSEI FEB UMS 2018

Marhaban Yaa Ramadhan, datangnya bulan ramadhan tentu menjadi bulan yang sangat dinantikan oleh seluruh umat islam. Bulan ramadhan tidak hanya menjadi bulan yang penuh berkah, melainkan berpengaruh pada segi ekonomi. Masa ke masa, ada begitu banyak bisnis yang berkembang dan mayoritas laku keras mulai dari fashion, food, furniture, dan masih banyak lagi macam bisnis saat bulan ramadhan. Peluang usaha pada bulan ramadhan yang penuh akan rahmat ini bukan hanya untuk bisnis musiman tetapi juga sebagai bisnis berkelanjutan. Moment ini juga dapat digunakan sebagai ajang big promo sehingga ketika bulan ramadhan selesai, sebuah produk akan tetap menjadi incaran bagi konsumen.
Berdagang, aktifitas ini tak mungkin terlewatkan kebanyakan orang untuk mendapatkan profit yang menggiurkan saat ramadhan. Berbagai jenis macam kuliner mulai dari buah-buahan, snak, lauk pauk, dessert, dan menu kuliner khas lain saat ramadhan yang menjadi buruan oleh konsumen. Tak hanya jenis food yang menjadi buruan, tetapi juga fashion. Berbagai macam mode fashion terbaru dengan kualias dan harga spesial saat ramadhan, membuat konsumen tak tahan menahan keinginannya untuk membelinya. Mulai dari baju anak-anak, dewasa sampai orang orang tua, dari kualitas lokal sampai import semua ada saat bulan ramadhan.
Nampaknya food dan fashion menjadi pilar utama kebutuhan seseorang. Dua hal itu yang membuat perekonomian seorang pedagang saat ramadhan melejit tinggi. Bulan ramadhan menjadi peluang bagi penjual untuk meningkatkan harga dan tak tanggug-tanggung dalam mendapatkan profit besar. Nampaknya itu bukan menjadi persoalan bagi konsumen dalam memenuhi kebutuhan mereka.
Moment ini dapat menjadi sebagai ladang amal jariyah seseorang ketika mendapatkan rizki melimpah yang diberikan oleh Allah SWT, tak lupa untuk menginfaqkan sebagian harta mereka dijalan Allah. Firman Allah dalam Q.S Al Hadid : 18

اِنَّ الْمُصَّدِّقِيْنَ وَالْمُصَّدِّقَاتِ وَأَقْرَضُوْا اللهَ قَرْضًاحَسَنًايُضَاعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ أَجْرٌ كَرِيْمٌ.
“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan menjaminkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka, dan bagi mereka pahala yang banyak”. (Q.S Al Hadid : 18)
            Dengan menyisihkan sebagian harta seseorang dijalan Allah, harta itu tidak akan hilang dan tidak menjadikan mereka miskin. Justru Allah akan melipatgandakan harta dan memberikan keberkahan kepada harta mereka. Karena 1/3 harta yang dimiliki seseorang adalah bukan miliknya. Dengan beramal Allah akan menyempurnakan dan membersihkan harta seseorang, serta sebagai syafaat di yaumul qiyamah kelak.

Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

Sample Text

Jalan Jenderal Ahmad Yani, Surakarta 57162, Indonesia
Kampus 2 UMS (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB-UMS)

Followers

Stats

Didukung Oleh

Didukung Oleh

Link Blog

BTemplates.com

Popular Posts