Suscríbete

Senin, 04 November 2019

PERAN EKONOMI ISLAM DI INDONESIA

PERAN EKONOMI ISLAM DI INDONESIA

Oleh :
Windha Widayati

Perlu kita ketahui sesungguhnya dalam peta kehidupan manusia, konsep ekonomi Islam sudah ada semenjak kehadiran agama Islam di atas muka bumi ini. Al Quran dan As Sunnah kaya akan hukum-hukum dan pengarahan kebijakan ekonomi yang harus diambil dan disesuaikan dengan perkembangan zaman serta perbedaan kawasan regional itu sendiri. Pada hakikatnya ekonomi Islam itu merupakan konsekuensi yang logis dari kesempurnaan Islam itu sendiri. Oleh karena itu islam haruslah di peluk secara klkeseluruhan dan komprehensif oleh umat Islam itu sendiri. Dan agama islam itu sendiri menuntut kepada kita selaku pemeluknya untuk mewujudkan keislamannya dalam seluruh aspek kehidupan sehari-hari.
Tujuan Ekonomi Islam itu sendiri yaitu mewujudkan maslahah (kemaslahatan) bagi umat manusia, mewujudkan kesejahteraan ekonomi norma-norma moral islam, dan membina persaudaraan serta  menegakkan keadilan umum. Sistem ekonomi Islam tidak hanya di perbankan, namun mencakup semua sistem keuangan. Perkembangan ekonomi Islam di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini berkembang sangat pesat, baik pada tataran teoritis dan konseptual ( akademik ) maupun pada tataran praktis ( khusus di lembaga keuangan bank dan non bank ). Perkembangan ini tentu saja sangat menggembirakan, karena ini merupakan suatu cerminan dari semakin meningkatnya kesadaran umat islam dalam menjalankan syariat islam. Hal ini refleksi dari pemahaman bahwa ekonomi islam bukan hanya sekedar konsepsi.
Ekonomi Islam merupakan suatu ilmu pengetahuan yang berupaya memandang, meninjau, meneliti yang pada akhirnya menyimpulkan dan menyelesaikan permasalahan-permasalahan ekonomi berdasarkan syari'at islam. Tujuan Ekonomi Islam itu sendiri yaitu mewujudkan maslahah (kemaslahatan) bagi umat manusia, mewujudkan kesejahteraan ekonomi norma-norma moral islam, dan membina persaudaraan serta  menegakkan keadilan umum. Sistem ekonomi Islam tidak hanya di perbankan, namun mencakup semua sistem keuangan. Perkembangan ekonomi Islam di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini berkembang sangat pesat, baik pada tataran teoritis dan konseptual ( akademik ) maupun pada tataran praktis ( khusus di lembaga keuangan bank dan non bank ). 
Perkembangan ini tentu saja sangat menggembirakan, karena ini merupakan suatu cerminan dari semakin meningkatnya kesadaran umat islam dalam menjalankan syariat islam. Hal ini refleksi dari pemahaman bahwa ekonomi islam bukan hanya sekedar konsepsi. Di Indonesia saat ini, sistem ekonomi Islam sudah tumbuh dan berkembang dalam bentuk lembaga keuangan syariah sejak tahun 1992. Adapun peran sistem ekonomi Islam yang dapat dijadikan potensi agar Indonesia dapat menjadi negara yang lebih baik dalam perekonomian, yaitu dari instrumen zakat, infaq, shodaqoh, yang dapat mensejahterakan rakyat Indonesia, penerapan konsep jujur, adil dan bertanggungjawab merupakan syarat yang harus dipenuhi dalam kegiatan ekonomi dan juga pelarangan riba dengan menjadikan sistem bagi hasil dengan instrumen mudharabah dan musyarakah.
Pertumbuhan lembaga keuangan syariah lainnya seperti asuransi syariah, pengadaian syariah, pasar modal syariah yang semakin berkembang pesat. Kemauan masyarakat pada ekonomi syariah yang semakin bagus dinilai menjadi modal utama bangsa Indonesia untuk bisa menyaingi pertumbungan ekonomi syariah di negara lain. Ekonomi Islam tentu berbeda dengan sistem ekonomi konvensional yang mengedepankan kebebasan individu. Peran ekonomi Islam dalam perekonomian di Indonesia memiliki pengaruh yang cukup besar. Ekonomi Islam perlu diterapkan dan ditingkatkan eksistensinya karena manfaatnya yang luar biasa dalam mengatasi perekonomian di Indonesia. Implementasi eksistensi ekonomi Islam di Indonesia salah satunya tercermin dari semakin banyaknya lembaga keuangan bank dan non bank. 
             Semua elemen dalam sistem ekonomi Islam ini tetap membutuhkan pengawalan dalam pelaksanannya. Hal ini bertujuan untuk menghindari melencengnya prinsip-prinsip Islam dalam kegiatan operasionalnya.Semakin maju dan berkembangnya sistem ekonomi Islam di Indonesia ini, diharapkan dapat meningkatkan serta memberi warna baru dalam perekonomian. Maka, dengan penerapan sistem ekonomi Islam, negara akan jauh lebih stabil dan tentunya juga lebih adil.

Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

Sample Text

Jalan Jenderal Ahmad Yani, Surakarta 57162, Indonesia
Kampus 2 UMS (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB-UMS)

Followers

Stats

Didukung Oleh

Didukung Oleh

Blog Archive

Link Blog

BTemplates.com

Popular Posts