Suscríbete

Senin, 04 November 2019

PERAN EKONOMI ISLAM DALAM PEREKONOMIAN DI INDONESIA


PERAN EKONOMI ISLAM DALAM PEREKONOMIAN DI INDONESIA

Oleh :
Octavia Andaresta Herdiningsih

Sebagai suatu sistem yang universal, integral, dan komprehensif Islam telah mengatur tatanan hidup yang utuh untuk umatnya. Sebagai way of life, Islam menata  segala hal  yang berkaitan  dengan  kehidupan,  dari  hal  yang  paling  sederhana  hingga  urusan  yang paling  rumit sekalipun.  Baik  dalam  aspek  politik,  ekonomi,  pendidikan,  seni,  sosial,  budaya,  dsb. Islam merupakan agama yang sempurna, yang mengatur hal yang berkaitan dengan ekonomi. Apabila perekonomian suatu negara (ekonomi  nasional)  menerapkan dasar  Al-Quran dan Hadist sebagai dasar penerapannya, tentunya suatu perekonomian nasional akan berjalan dengan baik dan terarah sesuai  aturan. Namun dalam kenyataannya, belum semua negara muslim menerapkan dasar tersebut dalam perekonomian mereka, khususnya Indonesia.
Indonesia merupakan salah satu negara muslim terbesar di dunia. Perkembangan ekonomi Islam di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini berkembang sangat pesat, baik pada tataran teoritis dan konseptual ( akademik ) maupun pada tataran praktis ( khusus di lembaga keuangan bank dan non bank ). Saat ini pembelajaran mengenai ekonomi Islam juga telah diajarkan dibeberapa perguruan tinggi negeri maupun swasta.
Perkembangan ekonomi Islam ini tentunya merupakan kabar gembira, karena ini merupakan cerminan dari meningkatnya kesadaran umat Islam dalam menjalankan syariat Islam. Dapat dikatakan pula bahwa hal ini merupakan refleksi dari pemahaman bahwa ekonomi Islam bukan hanya sekedar konsepsi.
 Di Indonesia saat ini, sistem ekonomi Islam sudah tumbuh dan berkembang dalam bentuk lembaga keuangan syariah sejak tahun 1992. Adapun peran sistem ekonomi Islam yang dapat dijadikan potensi agar Indonesia dapat menjadi negara yang lebih baik dalam perekonomian, yaitu dari instrumen zakat, infaq, shodaqoh, yang dapat mensejahterakan rakyat Indonesia.Penerapan konsep jujur, adil dan bertanggungjawab merupakan syarat yang harus dipenuhi dalam kegiatan ekonomi dan juga pelarangan riba dengan menjadikan sistem bagi hasil dengan instrumen mudharabah dan musyarakah. Peran ekonomi Islam dalam perekonomian di Indonesia memiliki pengaruh yang cukup besar. Ekonomi Islam perlu diterapkan dan ditingkatkan eksistensinya karena manfaatnya yang luar biasa dalam mengatasi perekonomian di Indonesia. Implementasi eksistensi ekonomi Islam di Indonesia salah satunya tercermin dari semakin banyaknya lembaga keuangan bank dan non bank. Semua elemen dalam sistem ekonomi Islam ini tetap membutuhkan pengawalan dalam pelaksanannya. Hal ini bertujuan untuk menghindari melencengnya prinsip-prinsip Islam dalam kegiatan operasionalnya.
Semakin maju dan berkembangnya sistem ekonomi Islam di Indonesia ini, diharapkan dapat meningkatkan serta memberi warna baru dalam perekonomian. Maka, dengan penerapan sistem ekonomi Islam, negara akan jauh lebih stabil dan tentunya juga lebih adil.

Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

Sample Text

Jalan Jenderal Ahmad Yani, Surakarta 57162, Indonesia
Kampus 2 UMS (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB-UMS)

Followers

Stats

Didukung Oleh

Didukung Oleh

Blog Archive

Link Blog

BTemplates.com

Popular Posts