Suscríbete

Senin, 04 November 2019

AGAMA KU SEMPURNA, LALU AKHLAKKU?


AGAMA KU SEMPURNA, LALU AKHLAKKU?

Oleh :
Annisa Rahma Dayanti

Islam merupakan agama yang sempurna. Segala aspek dalam kehidupan telah diatur secara terperinci. Bukan hanya urusan peribadatan saja, masalah ekonomi dan sosial pun juga telah diatur dalam Islam.  Bahkan Allah SWT telah menjamin kesempurnaan Islam dalam surat Al-Ma’idah 5:33 “Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu. Maka barang siapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
Dalam hubungannya dengan masalah ekonomi, Allah telah mengatur berbagai kegiatan ekonomi sesuai dengan syariat Islam. Dimana dalam sistem ekonomi Islam, keadilan menjadi sesuatu yang mutlak. Salah satu hukum Islam yang sangat penting dalam kehidupan umat Islam adalah adanya pelarangan riba. Berbagai studi telah membuktikan, bahwa riba sangat berbahaya bagi sebuah sistem perekonomian masyarakat. Riba akan semakin menguntungkan pihak yang kuat dan semakin melemahkan pihak yang lemah. Riba sangatlah jauh dari prinsip Islam yang sangat menjunjung tinggi keadilan.
Sistem ekonomi Islam merupakan sistem ekonomi yang paling sempurna. Tidak ada sistem ekonomi yang lebih baik di dunia ini selain sistem ekonomi yang telah diatur dalam Al-Quran. Perkembangan ekonomi Islam di Indonesia juga semakin menunjukkan geliatnya, hal ini ditandai dengan semakin berkembangnya lembaga keuangan perbankan maupun non perbankan yang berbasis syariah.
Semakin meluasnya perekonomian berbasis syariah, merupakan sebuah cerminan dari meningkatnya kesadaran umat Islam untuk menjalankan syariat Allah. Untuk mewujudkan membuminya ekonomi Islam dalam kehidupan, setiap umat Islam hendaknya harus menyadari bahwa  apa yang telah dianugrahkan oleh Allah melalui Al-Quran merupakan pedoman untuk mencapai kebahagian dunia tanpa meninggalkan kehidupan akhirat. Untuk itu, setiap umat Islam harus menyadari perbuatan dan perilaku yang dilakukan haruslah sesuai syariat Islam. Mari perbaiki akhlak dengan hidup sesuai prinsip Islam, sebab agama kita terlalu sempurna untuk dilewatkan. Ekonomi Islam YESSS!!!

Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

Sample Text

Jalan Jenderal Ahmad Yani, Surakarta 57162, Indonesia
Kampus 2 UMS (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB-UMS)

Followers

Stats

Didukung Oleh

Didukung Oleh

Blog Archive

Link Blog

BTemplates.com

Popular Posts