Suscríbete

Kamis, 30 Juni 2016

APA ITU SISTEM EKONOMI ISLAM ? BAGAIMANA PERAN SISTEM EKONOMI ISLAM DI INDONESIA ?



APA ITU SISTEM EKONOMI ISLAM ?
BAGAIMANA PERAN SISTEM EKONOMI ISLAM DI INDONESIA ?

Oleh : Sekar Cahyani Arumdalu


Islam merupakan agama yang kaffah ( menyeluruh ), yang mengatur segala perilaku kehidupan manusia. Bukan hanya menyangkut urusan peribadahan saja, tetapi urusan sosial dan ekonomi juga diatur dalam Islam. Oleh karena itu setiap orang muslim, Islam merupakan sistem hidup yang harus diimplementasikan secara komprehensif dalam seluruh aspek kehidupannya tanpa terkecuali. Sudah cukup lama umat manusia mencari sistem untuk meningkatkan kesejahteraan khususnya dalam bidang ekonomi. Selama ini memang sudah ada beberapa sistem, diantaranya ada dua aliran besar dalam sistem perekonomian yang dikenal di dunia, yaitu sistem ekonomi Kapitalisme ( Adam Smith ) dan Sosialisme ( Karl Mark ). Tetapi dalam kedua sistem ini tidak ada yang berhasil dalam menawarkan solusi yang optimal. Konsekuensinya orang-orang mulai berpikir mencari alternatif. Alternatif yang diyakini dan menjanjikan oleh banyak kalangan adalah sistem ekonomi islam, karena sistem ini berpijak pada asas keadilan dan kemanusiaan. Oleh karena itu, sistem ekonomi islam ini bersifat Universal, artinya dapat digunakan oleh siapapun tidak terbatas pada umat Islam saja, dalam bidang apapun serta tidak dibatasi oleh waktu ataupun zaman, sehingga cocok untuk diterapkan dalam kondisi apapun asalkan tetap berpegang pada kerangka kerja atau acuan norma-norma islami, tanpa melihat batas-batas etnis, ras, geografis, bahkan agama.

Di dunia ini sistem ekonomi yang ada dapat dibagi atas sistem ekonomi kapitalisme yang berorientasi pada kebebasan dan penumpukkan modal, sosialisme yang fokus pada pemerataan dan kesejahteraan bersama. Dan di Indonesia merupakan negara yang termasuk menganut sistem demokrasi ekonomi yang perwujudannya berasal dari falsafah Pancasila dan UUD 1945 yang berasaskan kekeluargaan dan kegotongroyongan oleh dan untuk rakyat dibawah pimpinan dan pengawasan pemerintah. Sedangkan sistem ekonomi Islam merupakan salah satu sistem ekonomi yang ada di Indonesia. Sistem ekonomi Islam merupakan sistem ekonomi Indonesia yang pada dasarnya bersumber pada ajaran syariat islam yaitu pada Al-Qur’an dan As-Sunnah. Dan sistem ekonomi Islam juga berpijak pada asas keadilan dan kemanusiaan yang juga terdapat pada Pancasila yaitu dalam sila ke-2 yang berbunyi “ Kemanusiaan yang adil dan beradab” dan sila ke-5 “ Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia “. Dalam pelaksanaannya, sistem ekonomi Islam ini tidak begitu mengharapkan pada jumlah laba yang besar, namun mengedepankan untuk menghindari riba atau hal-hal yang tidak baik lainnya dalam perekonomian. 

Sistem ekonomi Islam merupakan sistem ekonomi yang sangat baik. Sistem ekonomi ini tidak hanya di perbankan, namun mencakup semua sistem keuangan. Perkembangan ekonomi Islam di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini berkembang sangat pesat, baik pada tataran teoritis dan konseptual ( akademik ) maupun pada tataran praktis ( khusus di lembaga keuangan bank dan non bank ) . Perkembangan ini tentu saja sangat menggembirakan, karena ini merupakan suatu cerminan dari semakin meningkatnya kesadaran umat islam dalam menjalankan syariat islam. Hal ini refleksi dari pemahaman bahwa ekonomi islam bukan hanya sekedar konsepsi. Ekonomi Islam merupakan hasil suatu proses transformasi nilai-nilai Islam yang membentuk kerangka serta perangkat kelembagaan dan pranata ekonomi yang hidup dan berproses dalam kehidupan masyarakat. 

Di Indonesia saat ini sistem ekonomi Islam sudah tumbuh dan berkembang dalam bentuk lembaga keuangan syariah sejak tahun 1992. Adapun peran sistem ekonomi Islam yang dapat dijadikan potensi agar Indonesia dapat menjadi negara yang lebih baik dalam perekonomian, yaitu dari instrumen zakat, infaq, shodaqoh, yang dapat mensejahterakan rakyat Indonesia, penerapan konsep jujur, adil dan bertanggungjawab merupakan syarat yang harus dipenuhi dalam kegiatan ekonomi dan juga pelarangan riba dengan menjadikan sistem bagi hasil dengan instrumen mudharabah dan musyarakah. Peran ekonomi Islam dalam perekonomian di Indonesia memiliki pengaruh yang cukup besar. Ekonomi Islam perlu diterapkan dan ditingkatkan eksistensinya karena manfaatnya yang luar biasa dalam mengatasi perekonomian di Indonesia. Implementasi eksistensi ekonomi Islam di Indonesia salah satunya tercermin dari semakin banyaknya lembaga keuangan bank dan non bank. Semua elemen dalam sistem ekonomi Islam ini tetap membutuhkan pengawalan dalam pelaksanannya. Hal ini bertujuan untuk menghindari melencengnya prinsip-prinsip Islam dalam kegiatan operasionalnya. Semakin maju dan berkembangnya sistem ekonomi Islam di Indonesia ini diharapkan dapat meningkatkan serta memberi warna baru dalam perekonomian. Maka, dengan penerapan sistem ekonomi Islam, negara akan jauh lebih stabil dan tentunya juga lebih adil.

Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

Sample Text

Jalan Jenderal Ahmad Yani, Surakarta 57162, Indonesia
Kampus 2 UMS (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB-UMS)

Followers

Stats

Didukung Oleh

Didukung Oleh

Link Blog

BTemplates.com

Popular Posts