Suscríbete

Rabu, 06 Juni 2018

Eksistensi Ekonomi Islam Di Era Modern


Eksistensi Ekonomi Islam Di Era Modern

Oleh:
Putri Pangestuti
Staf Departemen Riset FoSEI FEB UMS 2018

         Ekonomi memiliki peran penting dalam perkembangan diberbagai sektor. Di era modern saat ini, ekonomi merupakan salah satu aspek yang berpengaruh dalam menunjang kehidupan setiap manusia. Semakin berkembangnya zaman, arus moderenisasi telah mulai mengubah perekonomian manusia dalam memenuhi kebutuhan primer maupun kebutuhan sekunder.  
       Ekonomi dalam kacamata islam merupakan suatu tuntutan kehidupan. Keberadaan ekonomi islam saat ini dinilai sangatlah penting dalam mengatur kegiatan ekonomi masyarakat. Ekonomi islam diharapkan mampu memberikan kesejahteraan kepada seluruh lapisan masyarakat, rasa adil, kebersamaan dan kekeluargaan. Dewasa ini banyak dari lapisan masyarakat telah mengenal arti penting ekonomi islam dan tidak sedikit pula yang telah mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari mereka.
      Perkembangan ekonomi islam saat ini dikatakan sangat pesat di seluruh dunia termasuk Indonesia. Setidaknya ada 75 negara di dunia yang telah mengimplementasikan sistem ekonomi islam. Di Indonesia eksistensi ekonomi islam di era modern saat ini ditandai dengan adanya lembaga-lembaga keuangan syariah seperti perbankan syariah, asuransi syariah, pasar modal syariah, reksadana syariah, pegadaian syariah, Baitul Mal Wat-tamwil yang jumlahnya semakin meningkat sehingga volume dan nilai transaksi  berbasis syariah juga meningkat. Meningkatnya lembaga keuangan yang menggunakan prinsip syariah dapat menjadi alternatif bagi masyarakat untuk tidak menggunakan lembaga keuangan berdasarkan sistem bunga (lembaga keuangan konvensiaonal). Eksistensi ekonomi islam memberikan dampak positif diantaranya meningkatnya pembangunan nasional, terciptanya stabilitas keuangan dan kesejahteraan dalam struktur lapisan masyarakat.
    Disisi lain ekonomi islam di era modern juga memiliki beberapa tantangan dalam perkembangannya yang harus dihadapi, dimana sistem ekonomi konvensional masih mendominasi dunia global. Hal ini terjadi karena kurangnya minat masyarakat untuk menerapkan ekonomi syariah dalam kegiatan ekonominya, dan adanya anggapan bahwa ekonomi syariah kurang menguntungkan. Dari kondisi tersebut dapat disimpulkan bahwa salah satu tantangan ekonomi syariah yaitu kesadaran diri sendiri. Maka kesadaran tiap individu harus ditingkatkan mengingat pentingnya penerapan dan peranan ekonomi syariah di era modern.  Selain itu lembaga keuangan juga harus terus berinovasi untuk mengikuti arus dan trend di era modern saat ini. Di Indonesia beberapa masyarakat telah menerapkan ekonomi syariah yaitu dengan berhijrah dari lembaga keuangan konvensional ke lembaga keuangan syariah.

Sumber:

Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

Sample Text

Jalan Jenderal Ahmad Yani, Surakarta 57162, Indonesia
Kampus 2 UMS (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB-UMS)

Followers

Stats

Didukung Oleh

Didukung Oleh

Blog Archive

Link Blog

BTemplates.com

Popular Posts