Suscríbete

Rabu, 06 Juni 2018

Perkembangan Ekonomi Islam Di Era Modern


Perkembangan Ekonomi Islam Di Era Modern

Oleh:
Mahanara Puja Kusuma
Staf Departemen Riset FoSEI FEB UMS 2018

          Pada masa sekarang atau yang lebih populer di sebut zaman modern milinealis banyak sekali kemajuan di berbagai bidang salah satunya yaitu di bidang ekonomi islam. Di bidang ini sebenarnya kalau dilihat dari segi keuntungan semuanya di untungkan karena dengan sistem bagi hasil seperti yang di terapkan di bank bank syariah sistem ini lebih enak dan jauh dari riba. Sistem ekonomi islam adalah sistem yang paling relevan untuk mengatasi permasalahan ekonomi yang ada saat ini dan untuk membangun  perekonomian di negara negara seperti Indonesia yang memiliki jumlah penduduk yang mayoritas muslim saya kira sistem ini pas untuk di terapkan.
          Ekonomi Islam di era modern sekarang memang banyak tantangan- tantangan yang harus di lalui salah satunya bersaing dengan konvensional. Tetapi dengan keunggulan yang dimiliki oleh sistem ekonomi islam saya kira mampu untuk bertahan. Sebagai contoh pada tahun 1997 pada saat bank bank konvensional gulung tikar,bank muammallah tetap berdiri kokoh hingga saat ini, hal itu tidak terlepas dari kelebihan sistem ekonomi syariah yang di terapkan oleh bank muammallah.
          Karena islam melarang segala bentuk riba dan namun tidak melarang laba ( return ) sebagai hasil dari usaha seperti kelibihan dan kekurangan yayasan.Islam memberikan kebebasan bagi setiap individu untuk menentukan keputusan,karena kebebasan dalam islam di dasarkan atas nilai nilai tauhid.Nilai tauhid inilah yang membuat manusia jadi berani,percaya diri,dan akan mampu mengoptimalkan kemampuan manusia dalam bertahan hidup.Selain itu para individu di beri kebebasan dalam memilih atau menentukan keputusan yang berhubungan dengan ekonominya dan tanpa paksaan.
           Dalam ekonomi islam,pengakuan terhadap hak kepemilikan dan untuk memiliki harta sangat di akui,namun tetap harus sesuai dengan syariat islam. Dalam islam kepemilikan harta di tentukan melalui kemaslahatan.Dengan begitu munculah rasa saling menghormati dan menghargai dengan sesama.
          Adanya ketidaksamaan ekonomi dalam batas wajar,dalam islam memang di akui adanya perbedaan ekonomi dalam setiap orang. Akan tetapi perbedaan itu bukan di dasari oleh ketetapan Allah melainkan ulah manusia itu sendiri yang memandang bahwa orang yang memiliki jabatan dan harta memiliki derajat yang lebih tinggi dari pada orang lain.Sehingga meninbulkan paradigma “ Bahwa Allah SWT tidak adail ”. Pandangan inilah yang harus di buang karena di dalam pandangan Allah SWT setiap manusia memiliki derajat yang sama.
          Dalam ekonomi islam atau yang populer di sebut ekonomi syariah itu juga terdapat distribusi kekayaan islam. Dalam islam tidak di anjurkan untuk menumpuk kekayaan pada sekelompok masyarakat kecil. Islam menganjurkan untuk mendistribusikan kekayaan ke semua lapisan masyarakat sebagai ciri administrasi usaha. Sebagai contoh, sumber daya alam bukanlah milik pribadi atau sekelompok orang,sehingga sumber daya alam itu harus di gunakan untuk kebaikan bersama umat manusia.
          Perkembangan ekonomi islam atau syariah saat ini sangat pesat terutama di Indonesia, tetapi harus terus di pantau oleh lembaga terkait agar tidak terjadi hal hal yang merugikan buat sistem ekonomi islam dan para jasa ekonomi islam. Dan Ekonomi syariah pasti masih bisa berkembang lagi asal kan di jalan kan dengan sistem dan tujuan yang sesuai dengan syariat islam. Diharapkan dengan kemajuan ekonomi islam dalam era modern yang sangat pesat ini terutama di Indonesia dapat memperbaiki ekonomi Indonesia dan membawa negara ini menjadi salah satu bangsa yang maju karena sistem ekonomi islam.
                                                                                                         
           

Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

Sample Text

Jalan Jenderal Ahmad Yani, Surakarta 57162, Indonesia
Kampus 2 UMS (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB-UMS)

Followers

Stats

Didukung Oleh

Didukung Oleh

Blog Archive

Link Blog

BTemplates.com

Popular Posts