Suscríbete

Jumat, 08 Juni 2018

Meningkatnya Kebutuhan Di Bulan Ramadhan


Meningkatnya Kebutuhan Di Bulan Ramadhan

Oleh:
Dwi Agustina
Staf Departemen Keilmuan Ekonomi Islam FoSEI FEB UMS 2018


            Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat di nanti oleh umat manusia, khususnya umat muslim. Bagi umat muslim bulan ramadhan merupakan bulan yang sangat mulia, bulan yang penuh dengan berkah dan ampunan. Di bulan ramadhan ini kita sebagai umat muslim di wajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Disini kita di tuntut untuk menahan lapar dan minum dari terbitnya matahari hingga terbenamnya matahari dalam jangka waktu satu bulan lamanya.
            Di bulan yang penuh berkah ini banyak orang yang berbondong-bondong meningkatkan ibadah dan mencari banyak pahala. Pada hal ini pula banyak orang yang kebutuhannya meningkat untuk urusan pribadi maupun sosial. Kebutuhan-kebutuhan tersebut dapat berupa perilaku konsumtif berupa makanan maupun barang pribadi. Tak sedikit orang yang meningkat kebutuhannya hanya untuk bersedekah di bulan yang suci ini. Seperti yang kita tau pada bulan Ramadhan banyak harga bahan pokok yang meningkat. Hal ini juga sangat berpegaruh terhadap meningkatnya kebutuhan hingga 180 derajad. Akan tetapi banyak orang tidak menghiraukan hal tersebut, karena hal semacam ini hanya terjadi 1 kali dalam satu tahun dan sudah menjadi tradisi yang mungkin wajib bagi beberapa orang. Di bulan yang penuh berkah ini tak sedikit pula orang yang mendapat rezeki berlipat ganda. Misalnya para pengusaha di bidang fasion dan kue lebaran. Disini mereka banyak mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda dari yang sehari hanya dapat menjual barang dagangannya 20-50% per hari, pada bulan ramadhan mereka dapat menjual dagangannya hingga 100% perhari.
            Disini kita dapat mengetahui peningkatan kebutuhan yang terjadi di bulan Ramadhan ini merupakan suatu tradisi yang banyak di lakukan oleh masyarakat indonesia. Mereka ingin memberikan suatu hal yang terbaik di bulan suci Ramadhan ini. Akan tetapi di bulan Ramadhan ini kita juga tidak boleh terlalu berlebihan dalam memakai atau membeli sesuatu. Seperti yag kita ketahui bahwa islam mengajarkan kita tentang kesederhanaan dan Allah SWT tidak menyukai sesuatu yang berlebihan. Jika bisa menjalankan ibadah di bulan yang suci ini dengan kesederhanaan sudah mendatangkan kebahagiaan dan ridho dari Allah SWT kenapa harus menjalankan sesuatu secara berlebihan.   
             


Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

Sample Text

Jalan Jenderal Ahmad Yani, Surakarta 57162, Indonesia
Kampus 2 UMS (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB-UMS)

Followers

Stats

Didukung Oleh

Didukung Oleh

Blog Archive

Link Blog

BTemplates.com

Popular Posts