Dampak Covid-19 Terhadap UMKM
Oleh : Maya
Saat ini kita sedang dihadapkan dengan maraknya pandemi
covid-19 yang mana pandemi ini tidak hanya menyerang sektor kesehatan namun
juga berdampak pada perekonomian, pendidikan, bahkan sosial. Dan dampaknya pun tidak
kecil namun sangat besar seperti contohnya dampak dalam sektor perekonomian.
Dikutip dari CNN indonesia, menteri keuangan republik indonesia mengatakan
bahwa pertumbuhan perekonomian di indonesia hanya akan mencapai 2,3%. Bahkan
dalam situasi terburuk maka perekonomian di indonesia akan mencapai minus.
Penyebabnya adalah turunnya konsumsi dan investasi, baik dalam lingkup rumah
tangga maupun lingkup pemerintah. Lalu bagaimana dampak dari covid-19 ini
terhadap industri-industri kecil atau UMKM yang ada di Indonesia?
Dampak dari virus corona atau covid-19 bagi perekonomian
UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah) sangat nyata dirasakan oleh para
masyarakat yang mempunyai usaha mikro kecil ini. Dilansir dari BBC indonesia,
hal ini disampaikan oleh ketua asosiasi UMKM indonesia sendiri, yaitu Ikhsan
Ingatubun. Anjuran physical distancing yang dikeluarkan oleh pemerintah
indonesia yang mana peraturan tersebut mengharuskan orang-orang untuk berdiam
diri dirumah atau pembatasan sosial dalam melakukan aktivitas seperti biasanya.
Dan salah satu kebiasaan masyarakat yang hilang dengan adanya kebijakan ini
adalah kebiasaan belanja masyarakat keluar rumah melalui UMKM yang ada. Dengan
menurunnya konsumsi masyarakat terhadap usaha mikro kecil maka, industri UMKM
akan mengalami kesulitan dalam membayar biaya-biaya yang ada. Hal ini
dikarenakan banyak pekerja yang dirumahkan atau diphk karena perusahaan off
atau usaha yang menurun drastis serta minimnya pemasukan dari gaji atau honor
yang menyebabkan menurunnya konsumsi masyarakat. Sehingga Hal ini berdampak
buruk, karena apabila pekerja atau masyarakat yang memiliki usaha UMKM banyak
yang tidak bekerja dan tidak mempunyai penghasilan mereka terpaksa untuk pulang
kampung dan tidak mempunyai pilihan lain. Pasalnya, mereka tidak memiliki cukup
uang untuk dapat bertahan hidup diperantauan, dan pulang kekampung halaman
adalah pilihan agar dapat bertahan hidup.
Terkait dengan UMKM di indonesia sendiri itu ada beberapa
jenis UMKM mulai dari yang bergerak dalam bidang makanan, fashion, pendidikan,
dll. Untuk yang paling berpengaruh disaat pandemi seperti saat ini menurut saya
yaitu dibidang makanan, namun yang saya temukan disekitar saya saat ini untuk
sektor UMKM sendiri masih bisa berjalan,
walaupun mungkin hasil yang didapatkan menurun tidak seperti hari sebelum
pandemi ini, salah satunya dengan tetap membuka UMKM tetapi tidak boleh makan
ditempat (sebagai salah satu cara pencegahan covid-19). Selain itu pemerintah
juga tidak mungkin untuk memberikan kebijakan agar UMKM atau semua sektor
ditutup total atau sering disebut dengan istilah lockdown. Karena UMKM ini
adalah salah satu penunjang terbesar
dalam perekonomian indonesia jika semua ditutup maka perekonomian bisa mencapai
minus. Maka dari itu pemerintah masih memperbolehkan UMKM untuk beroperasi
dengan syarat atau ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.
Selain itu kegiatan seperti UMKM dapat berjalan secara
efektif bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti menerapkan wfh secara
efektif dengan menggunakan aplikasi untuk mengecek kinerja karyawan, serta
dapat menggunakan informasi yang efektif lainnya seperti wa, dll. Kemudian UMKM
juga dapat mengoptimalkan media sosial dan email marketingnya agar terus bisa
berjalan dan dapat meningkatkan penghasialan. pelaku UMKM sendiri dapat
menerapkan media promosi yang berbasis online dalam pemasaran produknya. Ketika
jangkauannya sudah luas maka pelaku UMKM berkolaborasi dengan bidang
transportasi online seperti grab, gojek dll dalam mendistribusikan produknya
agar sampai ke konsumen. Selain itu pemerintah juga sudah membuat kebijakan
terkait program stimulus sosial-ekonomi berupa insentif, sehingga berimplikasi
pada peningkatan daya beli atau konsumsi masyarakat serta optimalisasi
produktivitas kerja. Diharapkan dengan kebijakan pemerintah dan cara-cara
efektif yang dapat dilakukan pelaku UMKM tersebut dapat membantu meningkatkan
perekonomian di indonesia.