Suscríbete

Minggu, 07 Juni 2020

Pentingnya Pendidikan untuk Kemajuan Bangsa


PENTINGNYA PENDIDIKAN UNTUK KEMAJUAN BANGSA
Oleh : Erna Tri Wulandari

Suatu Negara harus menciptakan sumber daya manusia dalam kuantitas dan kualitas yang memadai, hal ini bertujuan untuk membangun suatu Negara menjadi lebih maju. Usaha Negara untuk memenuhi sumber daya manusia tersebut salah satunya melalui Pendidikan.

Pendidikan adalah suatu perwujudan pembelajaran untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan meningkatkan potensi seseorang. Dari pendidikan seseorang memperoleh pembelajaran ilmu pengetahuan yang sangat luas. Selain ilmu pengetahuan, pendidikan juga memberikan pembelajaran keterampilan, etika atau norma. Umumnya sesorang mengenal pendidikan hanya pada lingkungan sekolah saja, padahal seseorang telah memperoleh pendidikan sejak kecil yaitu pendidikan dari lingkungan keluarga. Mengapa bisa pendidikan penting bagi seseorang?

Pendidikan adalah tolak ukur seseorang untuk menghadapi persoalan dunia yang sebenarnya. Pendidikan juga dapat menentukan kesuksesan seseorang, sekarang banyak kriteria pekerjaan yang membutuhkan pendidikan yang tinggi. Akan tetapi, pendidikan yang sebenarnya tidak semata-mata untuk mencari nilai ataupun gelar. Seseorang yang memperoleh pendidikan diharapkan memperoleh ilmu yang bermanfaat untuk dapat di implementasikan dalam kehidupannya dan dapat berguna untuk orang lain. Ilmu pengetahuan yang diperoleh melalui pendidikan harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk mengapai cita-cita dimasa depan. Pendidikan yang baik dan berkualitas, dapat mengantarkan seseorang untuk meraih kesuksesan dan dapat merubah kehidupan menjadi lebih baik. Dan dengan adanya pendidikan, pandangan seseorang akan semakin luas untuk menyelesaikan masalah.

Saat ini, pendidikan terbuka lebar untuk semua orang dan semua orang berhak memperoleh pendidikan. Salah satu contohnya adalah orang berkebutuhan khusus dan seseorang yang keterbatasan ekonomi. Orang yang berkebutuhan khusus berhak memperoleh pendidikan, karena telah tersedia Sekolah Luar Biasa (SLB) yang diperuntukkan orang berkebutuhan khusus untuk tetap mendapatkan akses pendidikan serta mengembangkan potensi. Dan untuk seseorang yang memiliki masalah keterbatasan ekonomi, pemerintah juga memberikan bantuan kepada meraka untuk tetap  mendapatkan pendidikan. Maka dari itu tidak ada alasan seseorang tidak bisa mendapatkan akses pendidikan.

 Perlu diingat pendidikan juga menjadi salah satu tolak ukur suatu bangsa untuk maju. Suatu bangsa akan lebih maju apabila Warga Negara dinegara tersebut memperoleh pendidikan yang berkualitas, sehingga warga Negara tersebut dapat meningkatkan standar kehidupannya. Hal ini sangat berpengaruh untuk mengatasi masalah sosial dan angka kemiskinan di Negara bisa berkurang. 

Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

Sample Text

Jalan Jenderal Ahmad Yani, Surakarta 57162, Indonesia
Kampus 2 UMS (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB-UMS)

Followers

Stats

Didukung Oleh

Didukung Oleh

Blog Archive

Link Blog

BTemplates.com

Popular Posts