Suscríbete

Minggu, 07 Juni 2020

Keistimewaan Sedekah


Keistimewaan Sedekah

Oleh : Beny Arista Rachman

Agama Islam mengajarkan pemeluknya untuk saling menyayangi dan mengasihi terhadap sesamanya. Setiap orang memiliki karakter yang berbeda-beda ada yang memiliki karakter dermawan ada pula yang kikir. Seseorang yang berjiwa pengasih dan penyayang dirinya akan dekat dengan Allah dan Rasulullah dan semua orang disekitarnya. Sebaliknya, seseorang yang tiada belas kasih sayang terhadap sesama, apalagi terhadap orang-orang lemah, maka dia akan jauh dengan Allah, Rasulullah serta orang di sekitarnya. Sehingga pada akhirnya mereka juga jauh dengan surga dan dekat dengan neraka. Hidup ini terasa indah jika semua orang dapat saling mengasihi satu sama lain. Cara mengasihi satu sama lain salah satunya yaitu sedekah. Sedekah berasal dari kata shadaqa yang berarti “benar”. Menurut terminologi syariat pengertian sedekah sama dengan pengertian infak, termasuk juga hukum dan ketentuan-ketentuannya. Hanya saja jika infak berkaitan dengan materi, sedekah memilki arti lebih luas, menyangkut hal yang bersifat nonmateriil. Sedekah bisa diartikan juga dengan mengeluarkan harta yang tidak wajib di jalan Allah. Tetapi kadang diartikan sebagai bantuan yang non materi, atau ibadah-ibadah fisik non materi, seperti menolong orang lain dengan tenaga dan pikirannya, mengajarkan ilmu, bertasbih, berdzikir, bahkan melakukan hubungan suami istri, disebut juga sedekah.

Sebagai umat muslim tentunya sedekah ini merupakan salah satu amalan yang ringan bagi seseorang yang mempunyai iman yang kuat dan harta yang lebih, tetapi akan terasa berat bagi mereka yang imannya lemah walaupun hartanya melimpah. Tantangan umat muslim di dunia salah satunya adalah memberikan sebagian harta mereka kepada orang yang berhak menerimanya disaat keadaannya sedang sempit atau kekurangan. Tetapi Allah SWT telah berjanji kepada kita bahwasannya akan dilipatgandakan dari harta yang dikeluarkan, dijamin tidak akan miskin bagi orang yang bersedekah, dan mereka selalu diberikan kecukupan dalam segala sesuatunya dan masih banyak lagi manfaat dan keistimewaan sedekah yang belum tentu ada di amal sholeh yang lainnya.

Karena sedekah mempunyai keistemewaan yang luar biasa, maka hal ini  sepatutnya untuk kita amalkan di kehidupan sehari-hari untuk mendapatkan rahmat dan ridho dari Allah SWT. Salah satu keistimewaannya yaitu adalah memberikan keberkahan pada harta. Harta yang disedekahkan tidak akan berkurang sesuai sabda Nabi SAW. Hal ini tentunya menjadi suatu hal yang begitu luar biasa, karena secara akal atau hitungan matematis sedekah akan berkurang apabila dikeluarkan untuk bersedekah. Tetapi sesuai dengan realita kehidupan, berdasarkan pengalaman pribadi, keluarga, maupun orang yang melakukan niat ikhlas untuk bersedekah, tanpa disadari mereka akan selalu tercukupi kebutuhannya dan selalu ada apa yang dibutuhkan. Namun hal itu tidak hanya berkaitan dengan materi saja namun bisa jadi dengan kesehatan, keluarga yang bahagia, hidup tenteram, bisa merasakan nikmatnya ibadah itu semua merupakan hasil dari apa yang kita lakukan yaitu sedekah. Mungkin hal tersebut jika dinilai harganya tidak sebanding dengan apa yang telah dikeluarkan hartanya untuk sedekah bahkan bisa jadi lebih besar nilainya dibanding dengan harta yang dikeluarkan. Itulah keistimewaan sedekah yang dapat memberikan keberkahan harta yang akan selalu tercukupi kebutuhannya. Seperti yang telah dijelaskan dalam firman-Nya bahwa Allah lah sebaik-baik pengatur rezeki. Apabila kita berani membelanjakan harta di jalan Allah maka Allah akan selalu berada disamping kita untuk selalu memberikan rezeki baik materi maupun non materi.

Keistimewaan kedua yaitu orang yang bersedekah akan merasakan hati yang lapang dan hidup bahagia. Untuk masalah ini yang kita lihat yaitu orang kikir yang tidak mau melaksanakan sedekah sesuai dengan syariat Islam. Orang-orang kikir tersebut pasti hatinya tidak akan pernah merasakan bahagia dan hatinya akan tertutup karena hal itu disebabkan kurang bersyukurnya sebagai hamba yang telah diberikan banyak kenikmatan oleh Dzat yang Maha Pengasih. Salah satu bentuk rasa syukur yaitu dengan bersedekah kepada orang yang mempunyai hak untuk menerimanya. Banyak orang kaya dan harta melimpah tetapi masih banyak juga yang rakus akan kekayaan dengan menghalalkan segala cara untuk memenuhi kebutuhannya. Tentunya dengan hati yang sempit itu mereka tidak akan merasakan hidup yang bahagia. Berbeda dengan orang dermawan yang selalu tercukupi kebutuhannya meskipun hidup dengan sederhana.

Dari keistimewaan dan manfaat sedekah yang sangat banyak, maka sebagai umat muslim yang beriman tentunya selalu senantiasa untuk mengeluarkan sebagian hartanya untuk disedekahkan walaupun dalam keadaan sempit sekalipun. Dan sedekah tidak hanya berupa uang namun bisa berupa kebaikan hati untuk menolong sesama manusia dan meringankan beban orang lain. Kita sebagai hamba Allah wajib mensyukuri nikmat yang telah Allah berikan dengan cara mengasihi sesama manusia yaitu salah satunya bersedekah, karena Allah yang mengatur rezeki seorang hambanya dan Allah tidak akan mengingkari apa yang telah dijanjikan kepada hambanya yang senantiasa untuk bersedekah dengan ikhlas.

Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

Sample Text

Jalan Jenderal Ahmad Yani, Surakarta 57162, Indonesia
Kampus 2 UMS (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB-UMS)

Followers

Stats

Didukung Oleh

Didukung Oleh

Blog Archive

Link Blog

BTemplates.com

Popular Posts