Suscríbete

Sabtu, 13 Juni 2020

MENJAGA BUDAYA DI MASA PANDEMI


MENJAGA BUDAYA DI MASA PANDEMI
Oleh : Fahreza dan Taqi

Wabah virus covid 19 yang mengakibatkan timbulnya banyak ancaman yang serius di Tanah Air Negara Indonesia. Tidak hanya di IndonesiaCovid 19 saat ini tengah berhasil menjadi pandemik global menurut data worldometers. Virus corona kini telah berkembang di 198 negara dan keberadaannya telah menguasai seluruh isi dunia. Berbagai langkah sudah diterapkan pemerintah terkhususnya di Indonesia untuk menurunkan angka penyebaran virus Covid 19 ini. Seperti himbauan dari pemerintah terkait soscial distancing, study from home, work from home, segala aktivitas yang biasa dilakukan kini juga berdampak seperti beribadah dirumah karantina mandiri, isolasi diri dan dibeberapa daerah telah memberlakukan PSBB. Tentunya kebijakan ini pun belum dapat menjamin akan solusi atas penyebaran virus ini jika hal tersebut tidak dipatuhi dan diterapkan oleh masyarakat.
Banyak hal yang terjadi selama pandemic ini. Hal yang tidak diketahui dan diterka sebelumnya oleh masyarakat dunia yang mengakibatkan banyak kerugian diberbagai sektor, seperti ekonomi dan pariwisata pada setiap negara.  Namun sadarkah kita pandemic ini menghantarkan  kita pada sisi kedekatan antar jiwa kerohanian dan jiwa kemanusiaan. Cuaca dibumi turun karena  karbondioksida berkurang, langit tampak begitusyahdu menyapa, laut tampak begitubersahabat, semua saling menyapa rindu, menyisipkan seuntai doa agar virus Covid 19 segera menghilang dari bumi pertiwi.
Tak hanya pada sector ekonomi dan sector pariwisata, tetapi pada bidang pendidikan juga merasakan dampaknya. Selain itu akitifitas dalam dunia akademik harus merubah konsep dan menyesuaikan dengan menggunakan metode yang efektif dan efisien di masa pandemik ini. Hal ini menjadi keluhan bagi mahasiswa yang dituntut agar dapat mengeksplore dan menggali sendiri materi-materi perkualiahan. Selain itu ada beberapa kendala dalam menempuh dunia pendidikan dengan sistem daring ini diantaranya, tingkat konsumsi kuota yang semakin banyak, terkendala sinyal dibeberapa daerah, dan tingkat jenuh karena sistem daring.
Selain di bidang pendidikan, hal yang dirasakan selama masa pandemik ini adalah budaya-budaya yang sering dilaksanakan oleh generasi millennial seperti buka bersama bersama teman, ngabuburit,shalat taraweh di masjid, dan lainnya selama masa pandemic ini digantikan dengan buka bersama, ngabuburit, dan shalat taraweh berjamaah bersama keluarga. Budaya lain yang tampak mulai memudar yaitu jabat tangan antara yang muda dengan yang tua, akankan budaya tersebut akan tetap bertahan, tetapi ada cara lain untuk tidak mengurangi rasa hormat yang muda ke yang lebih tua yaitu dengan memberi salam, sediki tmenundukkan kepala,menanggapi pembicaraan denganbahasa yang sopan.
Bukan berarti dengan kondisi yang seperti, budaya-budaya tersebut ditingaalkan begitu saja. Banyak cara yang dilakukan oleh masyarakat muslim Indonesia dalam menjaga budaya tersebut ditengah pandemic ini. Misalnya jika pada kondisi yang kondusif banyak masyarakat yang melakukan buka bersama teman-temannya, maka di kondisi pandemic ini diganti dengan buka bersama online. Adalagi selain itu pada sore hari masyarakat banyak yang ngabuburit dengan berkeliling daerahnya masing-masing entah hanya untuk sekedar menghabiskan waktu atau membeli takjil, sekarang mereka memilih ngabuburit dengan cara menonton film/youtube, kajian online, dan lain sebagainya. Dan masih banyak hal lain yang dilakukan untuk menjaga budaya-budaya ramadhan di tengah kondisi pandemik ini. Budaya-budaya yang seharusnya kita jaga agar tetap ada, mengingat budaya-budaya ramadhan ini yang adalah momen yang begitu spesial karena hadir satu tahun sekali dan belum tentu di tahun mendatang kita masih bisa merasakan budaya-budaya tersebut.

Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

Sample Text

Jalan Jenderal Ahmad Yani, Surakarta 57162, Indonesia
Kampus 2 UMS (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB-UMS)

Followers

Stats

Didukung Oleh

Didukung Oleh

Blog Archive

Link Blog

BTemplates.com

Popular Posts